Endang Wahyu Widiasari

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Akhirnya Selesai Juga Majalah Sekolah Edisi Ke 12

Akhirnya Selesai Juga Majalah Sekolah Edisi Ke 12

Akhirnya Selesai Juga Majalah Sekolah Edisi Ke 12

Alhamdulillah ada perasaan lega dan bahagia melihat majalah sekolah edisi ke 12 bisa terbit, hilanglah rasa lelah dan letih setelah beberapa bulan ini mengumpulkan artikel dan laporan kegiatan dari seluruh warga sekolah, bukan suatu hal yng mudah menagajak seluruh warga sekolah untuk menbuat karya tulis.

Terkadang ada juga perasaan malu selalu mengingat guru-guru bahkan terkadang mengajak Bapak Kepala Sekolah untuk mengirimkan karya tulisnya. Sering saya umumkan di WA group sekolah atau ketika selesai upacara, atau ketika ada rapat dinas. Pengumunan yang sama “untuk seluruh warga sekolah jika ada yang memiliki karya tulis dinanti akarya tulisnya untuk dikirim ke Majalah Sekolah”.

Memang keberadaan majalah sekolah salah satunya adalah ada atau tidak ada tulisan, kalau tidak ada tulisan wah bisa terhenti keberadaan majalah sekolah. Karya tulis adalah suatu hal yang pokok yang harus ada dalam Majalah Sekolah, selain poto-poto kegiatan dan juga gambar karya siswa. Namun hampir 90 persen majalah sekolah berisi karya tulis.

Dalam majalah sekolah yang kami buat, ada beberapa kolom diantaranya :

1. Surat pembaca, dimana seluruh warga sekolah boleh menberikan surat kepada sekolah yang berhubungan dengan keberlangsunagn atau keinginan /harapan harapan terhadap kemajuan sekolah. Boleh juga kritik dan saran yang membangun.

2. Liputan utana, disini di bahas apa yng menjadi tema dari majalah sekolah pada saat terbit seperti dalam edisi ke 12 ini kami mengangkat tema tentang literasi.

3. Opini siswa dan guru, disini dituliskan opini siswa/guru tentang tema yang diangkat

4. Best practice, biasanya ini ditulis oleh guru, sebagai pengalaman terbaik ketika mengajar, akan tetapi bisa juga oleh siswa sebagai pengalaman belajar yang menyenangkan.

5. Lintasan peristiwa, disini dituliskan kejadian-kejadian di sekolah/peristiwa peristiwa penting yang terjadi di sekolah

6. Jendela IPTEK, biasanya ditulis oleh siswa, tentang ilmu pengetahuan dan teknologi, bisa juga hasil hasil penelitian ketika belajar.

7. Karya kita, ini berisi cerpen dan puisi karya guru dan siswa

8. Tokoh kita, ini ditulis oleh siswa, siapa tokoh yang menjadi idolanya

9. Cerita motivasi, ini biasanya ditulis oleh guru, tentang cerita-cerita kejadian sehari hari yang bisa memotivasi seluruh warga sekolah

10. Forum English, berisi materi-materi pelajaran bahasa Inggris yang ditulis oleh guru bidang studi bahasa inggris, ada juga hasil karya siswa yang ditampilkan dalam bahasa inggris.

11. Quiz kita, berisi pertanyaan-pertanyaan pertanyaan, biasanya berhubungan dengan tema yang diangkat, dengan tujuan untuk memotivasi siswa menbaca majalah sekolah, dan bagi 10 pengirim pertama dengan jawaban benar akan diberikan hadiah hiburan, hadiah yang diberikan harganya murah meriah tapi bermanfaat, seperti gantungan kunci, Pin sekolah, atau buku-buku bacaan.

12. Pustaka Basa, ini dibimbing oleh guru bahasa daerah, berisi materi materi pelajaran bahasa daerah yang bersifat umum.

13. Curhatku, kolom ini berisi curhat siswa yang dijawab oleh satu guru BK, seperti konsultasi psikologis siswa, tentunya siswa yang curhat tentang permasalahannya dirahasiakan, dengan adanya kolom ini diharapkan permasalahn psikologis siswa dapat teratasi.

14. Wejangan Guru berisi karya tulis guru yang berhubungan dengan pendidikan

15. Kolom humor, ini berisi cerita-cerita lucu yang bisa membuat kita tertawa bahagia.

16. Jendela Imtak, berisi wejangan guru yang berhubungan dengan keagaamaan biasanya ditulis oleh guru PAI, tapi tidak menutup kemungkinan untuk guru-guru yang lainya juga.

17. Ekskul kita, berisi kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

18. Resensi buku atau reviu buku, ini di tulis oleh guru atau siswa yang sudah selesai mereviu buku.

Itulah kolom-kolom yang kami muat dalam majalah sekolah yang kami buat, selain karya-karya guru ada juga karya siswa. Betapa ribet nya saya membina majalah sekolah ini, harus benar-benar telaten membimbing siswa untuk menulis dan juga mengajak guru untuk menulis, bagi saya ini bukan pekerjaan yang mudah, tapi alhamdulillah berkat kerjasama dari semuanya pihak akhirnya terwujud juga.

Sudah banyak ekstrakurikuler yang saya bina, seperti Pramuka, PMR, Perisai Diri, Paskibra, pernah juga membantu Kesenian, tapi jujur saja membina majalah sekolah adalah ekstrakurikuler yng paling menyita waktu buat saya, kalaulah membimbing Pramuka atau ekskul yang lainnya setelah kegiatan selesai tidak ada PR lagi yang harus dikerjakan di rumah, tapi membina majalah sekolah setelah kegiatan selesai kita harus mengetiknya, mengedit dan juga memeprbanyak majalah sekolah, apalagi dengan keterbatasan sarana dan prasarana di sekolah, tapi ketika terus dimotivasi anggota ekskul majalah sekolah terlihat antusias untuk mengetik dan terkadang mengeditnya

Namun walaupun terasa melelahkan ketika membina majalah sekolah, ada kepuasan tersendiri bagi saya. Di dalam majalah sekolah terangkum semua kegiatan sekolah, dalam majalah sekolah juga bisa terlihat kemajuan-kemajuan yang didapat oleh sekolah.

semoga saja walaupun letih akan bernilai ibadah amin yra...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali